PERPUSTAKAAN SMPIT NURUL FIKRI

  • Home
  • Information
    News Terms of Use of Library Space Library Schedule Library Regulation for Students Library Regulation for Teacher and Staff
  • Services
    Visitor Menu Book's Request Book's Request Data Online Register Library Room Loans
  • E-Resources
    Umum
    • Highlight Library
    • SRS (School Reading System)
    • Perpustakaan Kota Depok
    • Buku Kurikulum Merdeka
    • E-resources Perpusnas
    • Digital Library
    • E-book
    • Indonesia One Search
    SD
    • Literacy Cloud
    • Buku Kemdikbud
    • Buku Digital Kemdikbud
    SMP
    • Rumah Belajar
    • Komik Pendidikan
    • Open Library by Internet Archive
    SMA
    • Literacy Pro
    • Jurnal Baca Dokumentasi dan Informasi
    • DOAJ
    • Google Scholar
  • Social Media
    Instagram SMP-IT Nurul Fikri Instagram SMA-IT Nurul Fikri Tik Tok SMP-IT Nurul Fikri
  • Masuk
    Librarian Member Area Librarian Login Online Register
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Tip & Trik Jago Main Rubik
Bookmark Share

Tip & Trik Jago Main Rubik

Adi, Wicaksono - Personal Name;

Metode CFOPrnCFOP adalah singkatan dari Cross- F2L-OLL-PLL. Ada 4 tahap yang perlu dilalui untuk menyamakan keenam sisi Rubiks cube dari posisi yang paling acak sekalipun. Berikut ulasannya:rnrn1. Cross : Hal pertama yang harus dilakukan untuk menyelesaikan Rubiks cube adalah membuat Cross. Cross adalah tanda silang ( atau tanda + ) pada salah satu sisi warna Rubiks cube. Cross yang benar bisa dilihat di gambar berikut:rnrnDari gambar Tersebut bisa kita lihat bahwa cross dibuat pada sisi putih. Dari gambar tersebut juga terlihat warna merah dan hijau (serta orange dan biru pada sisi sebaliknya) tergabung dengan center. Untuk membuat cross pada posisi cube teracak murni menggunakan logika dan latihan secara kontinyu. Pada awalnya seseorang pemula memerlukan waktu hingga 1 menit untuk membuat cross. Lambat laun proses ini bisa diturunkan hingga waktu idel 2-3 detik.rnrn2. F2L : merupakan singkatan dari First two Layer atau tahap dimana kita menyelesaikan 2 layer pertama. Dalam metode full friddrich kita membentuk pasangan lalu memasukkannya ke 4 slot yang tersedia untuk menyelesaikan layer 1 dan 2 sekaligus.rnrnTahap ini memerlukan latihan yang terus menerus. F2L tidak sulit untuk dipelajari, namun tingkat kesulitannya terletak pada bagaimana melakukannya secara cepat. F2L bisa ditekan hingga 8 detik rata rata untuk menyelesaikannya. Bagi yang masih kesulitan belajar F2L bisa menggunakan metode layer by layer untuk menyelesaikan tahap ini.rnrn3. OLL: merupakan singkatan dari ‘Orientating Last Layer’. Segera setelah layer 1 dan 2 selesai, akan terbentuk pola tertentu dan tujuan kita adalah menyamakan warna sehingga ‘top face’ akan memiliki warna yang sama (seringnya warna kuning, jika cross dilakukan pada warna putih dengan skema warna standar). Ada 57 kasus pada OLL yang menyebabkan kita perlu menghafal 57 alogaritma yang berbeda. Waktu eksekusi ideal untuk tahap ini adalah 2-3 detik.rnrnDaftar OLL keseluruhan dapat dilihat pada halaman Berikut. Bagi mereka yang belum mampu menghafal 57 alogaritma sekaligus bisa melakukan OLL dalam 2 tahap (sebagai konsekuensinya waktu akan lebih lambat), yakni membetulkan seluruh edge dan disusul membetulkan seluruh corner. Hal ini dikenal sebagai 2 look OLL. Anda hanya perlu mempelajari 1-2 alogaritma untuk membetulkan orientasi edge dan 7 alogaritma untuk membetulkan orientasi corner. Bagi anda yang berpendapat menghafal 8-9 alogaritma masih terlalu berat, anda dapat melakukannya dalam tiga tahap. Anda hanya perlu menghafal 2 alogaritma. Hal ini disebut sebagai 3 look OLL dan dapat dilihat di halaman berikut.rnrn4. PLL: Merupakan singkatan dari Permutation Last layer. Disini kita saling menukar posisi corner dan edge ke tempat semula. Ada 21 alogartma pada tahap ini yang secara ideal rata rata diseksekusi dalam 2-4 detik.rn


Availability
#
Location name is not set Location name is not set
01962
Available
Detail Information
Series Title
-
Call Number
790 Adi t
Publisher
Yogyakarta : Gradien Mediatama., 2009
Collation
184 hal. : 19 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-8260-45-9
Classification
790
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Rubik
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment

PERPUSTAKAAN SMPIT NURUL FIKRI
  • Information
  • Member Area
  • Librarian
  • Book's Request
  • Library Room Loans

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Instagram SIT Nurul Fikri YouTube SIT Nurul Fikri

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search
Where do you want to share?