PERPUSTAKAAN SMPIT NURUL FIKRI

  • Home
  • Information
    News Terms of Use of Library Space Library Schedule Library Regulation for Students Library Regulation for Teacher and Staff
  • Services
    Visitor Menu Book's Request Book's Request Data Online Register Library Room Loans
  • E-Resources
    Umum
    • Highlight Library
    • SRS (School Reading System)
    • Perpustakaan Kota Depok
    • Buku Kurikulum Merdeka
    • E-resources Perpusnas
    • Digital Library
    • E-book
    • Indonesia One Search
    SD
    • Literacy Cloud
    • Buku Kemdikbud
    • Buku Digital Kemdikbud
    SMP
    • Rumah Belajar
    • Komik Pendidikan
    • Open Library by Internet Archive
    SMA
    • Literacy Pro
    • Jurnal Baca Dokumentasi dan Informasi
    • DOAJ
    • Google Scholar
  • Social Media
    Instagram SMP-IT Nurul Fikri Instagram SMA-IT Nurul Fikri Tik Tok SMP-IT Nurul Fikri
  • Masuk
    Librarian Member Area Librarian Login Online Register
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of CTL Contextual Teaching & Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan bermakna
Bookmark Share

CTL Contextual Teaching & Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan bermakna

Johnson, Elaine B. - Personal Name;

Metodologi pembelajaran telah banyak ditemukan oleh para pakar dalamrnbidang pendidikan. Telah banyak pula yang menghasilkan. Hal iturnterlihat dari banyaknya keberhasilan yang dicapai. Semua metodologi danrnstrategi pembelajaran mempunyai keunggulannya sendiri. Semua kegiatanrnitu ditujukan untuk membentuk kualitas pelajar yang lebih baik.rnrnUNTUK menghasilkan out-put pendidikan yang baik diperlukan pula cara pembelajaran yang bisa membuat peserta didik betah di dalam ruang kelas. Sehingga diperlukan cara yang efektif agar belajar di sekolah merupakan sesuatu yang menyenangkan. Resep pertamanya adalah bagaimana belajar itu bisa menyenangkan bagi peserta didik. Jika hal ini sudah dapat dipenuhi, maka masuklah kepada kriteria kedua; yaitu bahwa belajar itu bermakna bagi dirinya sendiri.rnrnMenyenangkan dan bermakna; setidaknya, itulah dua kata yang menjadi kunci utama pada buku ini. Bagaimana agar pembelajaran bisa menjadi mengasyikkan dan bermakna dapat dibaca melalui buku ini. Sehingga buku ini menjadi sangat penting untuk dibaca para praktisi dalam bidang pendidikan; terlebih bagi mereka yang secara langsung terjun ke ruang kelas seperti guru, tutor, pamong, ataupun profesi lain yang membangun komunikasi interaktif antara pendengar dan pembicara.rnrnBuku ini mengantarkan para pendidik untuk mempersiapkan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi peserta didik. Hal ini sangat perlu mengingat dengan menyenangkan dan bermakna maka seluruh materi pembelajaran yang ”dikunyah-kunyah” di dalam kelas akan menempel lebih lama di dalam otaknya. Tentunya akan berbeda hasil yang dicapai jika pembelajaran yang dilaksanakan itu tidak menyenangkan dan tidak dirasakan maknanya bagi peserta didik. Melalui berbagai penjelasan yang mudah dipahami.rnrnKetika peserta didik dapat mengaitkan isi dari mata pelajaran akademik seperti matematika, ilmu pengetahuan alam, atau sejarah dengan pengalaman mereka sendiri, mereka menemukan makna, dan makna memberi mereka alasan untuk belajar. Inilah yang paling esensial di dalam Contextual Teaching & Learning (CTL). CTL digarap untuk menyiapkan pembelajaran yang benar-benar bermakna. Pembelajaran yang bermakna ini yang sesungguhnya menjadikan anak-anak sebagai orang yang super.rn rnBidang Gerak CTLrnCTL adalah sebuah sistem belajar yang didasarkan pada filosofi bahwa seorang pembelajar akan mau dan mampu menyerap materi pelajaran jika mereka dapat menangkap makna dari pelajaran tersebut. Buku ini mendedah dasar-dasar filosofi tersebut dari sudut pandang ilmu psikologi, ilmu saraf (neuroscience), dan fisika serta biologi modern. Buku ini juga menjabarkan dengan gamblang apa saja bidang gerak CTL, menjelaskan cara menggunakan sistem ini, dan memberikan banyak contoh cara yang dipakai oleh guru-guru yang sudah berhasil menggunakan CTL.rnrnHal itu akan lebih mudah dipahami pula dengan panduan yang ada pada VCD yang diisi oleh Hernowo (penulis beberapa buku pengajaran) dengan judul ”Menanamkan CTL di Lesson Plan”. Dengan membaca buku dan menghayati VCD ini, maka akan terasa lebih mudah untuk menghidupkan suasana di dalam ruang kelas. Seperti sangat mudah untuk menciptakan ruang kelas yang benar-benar menyenangkan.rnrnBuku ini menunjukkan perkembangan paling mutakhir soal kegiatan belajar-mengajar. Setelah para pendidik mengalami masa-masa yang heboh dengan munculnya banyak sekali metode dan pendekatan belajar-seperti Quantum Learning, Accelerated Learning, Active Learning, Cooperative Learning, Brain-Based Learning, dan sebagainya-kini tiba saatnya kita memperhatikan dengan saksama Contextual Teaching and Learning (CTL).rnrnBuku ini mudah dibaca, praktis, dan bermanfaat bagi para pendidik. Juga buku ini akan mengefektifkan pembelajaran karena mengaitkannya dengan cara kerja alat paling canggih milik manusia tetapi belum dipotimalkan pemakaiannya, yaitu otak. Dengan begitu, buku ini patut untuk disebarluaskan serta dipahami. Andai saja semua guru bisa mengakses buku ini, maka menciptakan ruangan kelas yang menyenangkan dan bermakna bagi peserta didik akan sangat mudah untuk diwujudkan.


Availability
#
Location name is not set Location name is not set
01348
Available
Detail Information
Series Title
-
Call Number
371.102 Joh c
Publisher
Bandung : Kaifa., 2010
Collation
352 hal. ; 23,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-979-1284-67-7
Classification
371.102
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Pendidikan
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment

PERPUSTAKAAN SMPIT NURUL FIKRI
  • Information
  • Member Area
  • Librarian
  • Book's Request
  • Library Room Loans

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Instagram SIT Nurul Fikri YouTube SIT Nurul Fikri

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search
Where do you want to share?