CTL Contextual Teaching & Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan bermakna
Metodologi pembelajaran telah banyak ditemukan oleh para pakar dalamrnbidang pendidikan. Telah banyak pula yang menghasilkan. Hal iturnterlihat dari banyaknya keberhasilan yang dicapai. Semua metodologi danrnstrategi pembelajaran mempunyai keunggulannya sendiri. Semua kegiatanrnitu ditujukan untuk membentuk kualitas pelajar yang lebih baik.rnrnUNTUK menghasilkan out-put pendidikan yang baik diperlukan pula cara pembelajaran yang bisa membuat peserta didik betah di dalam ruang kelas. Sehingga diperlukan cara yang efektif agar belajar di sekolah merupakan sesuatu yang menyenangkan. Resep pertamanya adalah bagaimana belajar itu bisa menyenangkan bagi peserta didik. Jika hal ini sudah dapat dipenuhi, maka masuklah kepada kriteria kedua; yaitu bahwa belajar itu bermakna bagi dirinya sendiri.rnrnMenyenangkan dan bermakna; setidaknya, itulah dua kata yang menjadi kunci utama pada buku ini. Bagaimana agar pembelajaran bisa menjadi mengasyikkan dan bermakna dapat dibaca melalui buku ini. Sehingga buku ini menjadi sangat penting untuk dibaca para praktisi dalam bidang pendidikan; terlebih bagi mereka yang secara langsung terjun ke ruang kelas seperti guru, tutor, pamong, ataupun profesi lain yang membangun komunikasi interaktif antara pendengar dan pembicara.rnrnBuku ini mengantarkan para pendidik untuk mempersiapkan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi peserta didik. Hal ini sangat perlu mengingat dengan menyenangkan dan bermakna maka seluruh materi pembelajaran yang â€dikunyah-kunyah†di dalam kelas akan menempel lebih lama di dalam otaknya. Tentunya akan berbeda hasil yang dicapai jika pembelajaran yang dilaksanakan itu tidak menyenangkan dan tidak dirasakan maknanya bagi peserta didik. Melalui berbagai penjelasan yang mudah dipahami.rnrnKetika peserta didik dapat mengaitkan isi dari mata pelajaran akademik seperti matematika, ilmu pengetahuan alam, atau sejarah dengan pengalaman mereka sendiri, mereka menemukan makna, dan makna memberi mereka alasan untuk belajar. Inilah yang paling esensial di dalam Contextual Teaching & Learning (CTL). CTL digarap untuk menyiapkan pembelajaran yang benar-benar bermakna. Pembelajaran yang bermakna ini yang sesungguhnya menjadikan anak-anak sebagai orang yang super.rn rnBidang Gerak CTLrnCTL adalah sebuah sistem belajar yang didasarkan pada filosofi bahwa seorang pembelajar akan mau dan mampu menyerap materi pelajaran jika mereka dapat menangkap makna dari pelajaran tersebut. Buku ini mendedah dasar-dasar filosofi tersebut dari sudut pandang ilmu psikologi, ilmu saraf (neuroscience), dan fisika serta biologi modern. Buku ini juga menjabarkan dengan gamblang apa saja bidang gerak CTL, menjelaskan cara menggunakan sistem ini, dan memberikan banyak contoh cara yang dipakai oleh guru-guru yang sudah berhasil menggunakan CTL.rnrnHal itu akan lebih mudah dipahami pula dengan panduan yang ada pada VCD yang diisi oleh Hernowo (penulis beberapa buku pengajaran) dengan judul â€Menanamkan CTL di Lesson Planâ€. Dengan membaca buku dan menghayati VCD ini, maka akan terasa lebih mudah untuk menghidupkan suasana di dalam ruang kelas. Seperti sangat mudah untuk menciptakan ruang kelas yang benar-benar menyenangkan.rnrnBuku ini menunjukkan perkembangan paling mutakhir soal kegiatan belajar-mengajar. Setelah para pendidik mengalami masa-masa yang heboh dengan munculnya banyak sekali metode dan pendekatan belajar-seperti Quantum Learning, Accelerated Learning, Active Learning, Cooperative Learning, Brain-Based Learning, dan sebagainya-kini tiba saatnya kita memperhatikan dengan saksama Contextual Teaching and Learning (CTL).rnrnBuku ini mudah dibaca, praktis, dan bermanfaat bagi para pendidik. Juga buku ini akan mengefektifkan pembelajaran karena mengaitkannya dengan cara kerja alat paling canggih milik manusia tetapi belum dipotimalkan pemakaiannya, yaitu otak. Dengan begitu, buku ini patut untuk disebarluaskan serta dipahami. Andai saja semua guru bisa mengakses buku ini, maka menciptakan ruangan kelas yang menyenangkan dan bermakna bagi peserta didik akan sangat mudah untuk diwujudkan.
No other version available